Tutorial GUI untuk Aplikasi Mobile (MIDlet): Command

Senin, Maret 17, 2008 | | Comments

#1: Create New Project
Proses pembuatan project baru dilakukan dengan menjalankan program KToolbar (versi Wireless Toolkit WTK2) dari Sony Ericsson SDK 2.2.3 for the Java(TM) ME Platform dari Start Menu. Tampilannya adalah sebagai berikut:

Proses selanjutnya adalah mengisikan Project Name dan MIDlet Class Name. Untuk tutorial ini, ProjectName-nya adalah TutotialMobileGUI-Command dan MIDlet Class Name-nya MobileGUI_Command (maaf, yang digambar salah :p). Perlu Anda ingat, MIDlet Class Name yang kita isikan nantinya harus sesuai dengan class yang kita buat waktu menuliskan kode program. Setelah kita meng-klik tombol Create Project, maka akan terbentuk direktori TutorialMobileGUI-Menu di direktori apps dari Sony Ericsson SDK 2.2.3 for the Java(TM) ME Platform dengan sub direktori bin, classes, lib, res, dan src.

#2: Write the Code
Proses berikutnya adalah menuliskan kode program dengan menggunakan teks editor. Saya tidak akan membahas baris demi baris kode program yang akan kita buat melainkan bagian intinya saja. Untuk membuat menu, selain menggunakan class List kita juga dapat menggunakan class Command yang ada di package javax.microedition.lcdui dengan parameter commandType ITEM atau SCREEN. Menu utama yang akan kita buat pada tutorial ini terdiri dari “Write Message”, “Inbox”, “Outbox”, “Drafts”, dan “Sent Messages”. Langkah pertama adalah membuat command yang akan digunakan dengan kode program sebagai berikut:

Tutorial ini akan memberikan panduan mengenai bagaimana membuat Graphical User Interface untuk aplikasi mobile (MIDlet) dengan menggunakan teknologi Java. Pada tutorial kali ini, topik yang akan dibahas adalah bagaimana membuat menu untuk aplikasi mobile (MIDlet) menggunakan Command Class. Tools yang digunakan dalam tutorial ini adalah teks editor (Notepad, TextPad, dll) untuk menuliskan kode program dan Sony Ericsson SDK 2.2.3 for the Java(TM) ME Platform untuk proses built dan test. Anda juga bisa menggunakan Sun JAVA(TM) Wireless Toolkit 2.5 untuk proses build dan test aplikasi mobile yang akan dikembangkan.

private Command writeCommand = new Command(”Write Message”,Command.SCREEN,2);


private Command inboxCommand = new Command(”Inbox”,Command.SCREEN,2);


private Command outboxCommand = new Command(”Outbox”,Command.SCREEN,2);


private Command draftsCommand = new Command(”Drafts”,Command.SCREEN,2);


private Command sentCommand = new Command(”Sent Messages”,Command.SCREEN,2);


private Command exitCommand = new Command(”Exit”, Command.SCREEN,1);


 


/* Pembuatan command dengan commandType ITEM


private Command writeCommand = new Command(”Write Message”,Command.ITEM,2);


private Command inboxCommand = new Command(”Inbox”,Command.ITEM,2);


private Command outboxCommand = new Command(”Outbox”,Command.ITEM,2);


private Command draftsCommand = new Command(”Drafts”,Command.ITEM,2);


private Command sentCommand = new Command(”Sent Messages”,Command.ITEM,2);


private Command exitCommand = new Command(”Exit”, Command.ITEM, 1);


*/





Pembuatan command dapat dilakukan dengan memanggil konstruktor class Command dengan statement Command(String label, int commandType, int priority), dimana label menunjukkan label dari command yang akan ditampilkan pada display, commandType menunjukkan tipe dari command yang akan dibuat (ITEM, SCREEN, OK, CANCEL, STOP, EXIT, BACK, dan HELP), dan priority menunjukkan level prioritas dari command yang akan dipetakan ke keypad dari setiap device oleh AMS (Application Management Software). Proses mapping command ke keypad untuk masing-masing device dapat berubah tergantung dari tipe command yang ditentukan (lihat hasil testing pada gambar di bawah). Setelah command dibuat, maka langkah selanjutnya adalah menambahkan command-command tersebut ke form dengan kode sebagai berikut:






menuList.addCommand(writeCommand);


menuList.addCommand(inboxCommand);


menuList.addCommand(outboxCommand);


menuList.addCommand(draftsCommand);


menuList.addCommand(sentCommand);


menuList.addCommand(exitCommand);





Proses mendeteksi command mana yang di pilih oleh user dan proses apa yang akan dikerjakan setelah user mengklik menu tersebut dapat dilakukan dengan kode program sebagai berikut:






/*


String label = c.getLabel();


if (label.equals(”Write Message”))


{


   showWriteForm();


}


else if (label.equals(”Inbox”))


{


   showInboxForm();


}


else if (label.equals(”Outbox”))


{


   showOutboxForm();


}


else if (label.equals(”Drafts”))


{


   showDraftForm();


}


else if (label.equals(”Sent Messages”))


{


   showSentForm();


}


else if (label.equals(”Exit”))


{


   destroyApp(true);


}


else if (label.equals(”Back”))


{


   mainMenu();


}


*/


 


if (c == writeCommand)


{


   showWriteForm();


}


else if (c == inboxCommand)


{


   showInboxForm();


}


else if (c == outboxCommand)


{


   showOutboxForm();


}


else if (c == draftsCommand)


{


   showDraftForm();


}


else if (c == sentCommand)


{


   showSentForm();


}


else if (c == exitCommand)


{


   destroyApp(true);


}


else if (c == backCommand)


{


   mainMenu();


}





Setelah selesai mengetik kode program aplikasi mobile (MIDlet), maka kode program harus kita simpan pada sub direktori src dari direktori project kita.



#3: Build and Test


Langkah terakhir adalah melakukan proses build dan test menggunakan Sony Ericsson SDK 2.2.3 for the Java(TM) ME Platform KToolbar. Proses build sendiri sebenarnya terdiri dari beberapa langkah, yaitu kompilasi sehingga file .java kita nantinya menjadi .class dan pre-verify untuk memfilter class-class yang invalid yang hasilnya berupa file .jar. Setelah selesai proses build, maka langkah selanjutnya adalah melakukan test dengan menggunakan emulator yang tersedia. Hasilnya test-nya adalah sebagai berikut:





Testing dengan Emulator Sony Ericsson W800





Testing dengan Emulator Sun JAVA(TM) Wireless Toolkit 2.5



Download File Tutorial



source : inf.uajy.ac.id




Technorati Tags: ,,