Download Contoh Program Delphi

Senin, Maret 17, 2008 | | Comments

Dulu sebelum belajar web dan php, bahasa pemrograman yang pertama saya pelajari adalah pascal, dengan model pemrograman struktural. Program yang dihasilkan adalah program berbasis DOS. Kemudian saya beralih ke pemrograman delphi. Tapi bukan curhat seperti ini yang akan saya tuliskan. Saya ingin berbagi contoh program delphi yang menggunakan database. Program ini sangat sederhana, hanya dibuat untuk memudahkan suatu instansi (didaerah saya) untuk mengelola data-data pasien. Karena pada instansi tersebut masih menggunakan cara manual, yaitu data-data langsung dimasukkan ke dalam tabel MS-Access. Oh iya program ini menggunakan database MS Access untuk menampung datanya. Contoh program delphi ini diminta oleh instansi tersebut, dan kabarnya dipakai secara resmi (senang juga rasanya bisa membantu).

Sebenarnya program ini adalah versi lite (kecil) dari program profesionalnya :). Ceritanya begini, sewaktu KP (kerja praktik) saya membuat suatu program operasional rumah sakit berbasis client server, tetapi karena tempat KP saya tidak bisa menggunakan program tersebut (karena alasan masih menggunakan program manual, sedang implementasinya akan memakan banyak biaya), kemudian rumah sakit tersebut meminta saya membuat program yang mengurusi bagian tertentu saja. Pada bagian tersebut, mereka sudah memiliki database sederhana menggunakan MS Access. Saya disuruh membuat front-end dari MS Access tersebut, nah jadi deh program seperti yang saya deskripsikan.

Apa yang bisa dipelajari melalui program ini ?

  • Contoh program delphi ini menggunakan database, anda bisa mempelajari cara menggunakan MS Access sebagai database.
  • Belajar Membuat model form MDI (multiple document Interface)
  • Belajar menggunakan bahasa SQL untuk mengakses DB melalui program yang kita buat.
  • Ilmu lain, tergantung akan melihat program ini.
  • Belajar membuat laporan dengan menggunakan rave report
  • kenapa saya tiba-tiba membahas tentang delphi ? jujur saja, saya tidak begitu berkompeten dalam bidang delphi, apalagi membuat program yang rumit dan tinggi, ampun deh. Tetapi saya pernah belajar saja, jika tidak begitu rumit sih masih bisa kok. Untuk selanjutnya saya akan membahas program-program delphi yang pernah saya buat sebagai kategori baru. Bagi yang sudah jago delphi, tolong program-program saya jangan ditertawakan, karena saya hanya ingin berbagi saja kok, syukur-syukur kalau ada manfaatnya :)
    Download Contoh Program Delphi(Source Code)